Perhatian

Terima kasih telah membaca blog ini. Untuk mendapatkan konten terbaru dari penulis, silahkan mengunjungi All About Disil disini.

10 Juni 2017

Lubuntu

Apa itu Lubuntu? Lubuntu adalah Sistem Operasi Open Source milik Ubuntu. Lubuntu adalah singkatan dari Lighweight Ubuntu. Jadi, OS ini bisa berjalan di banyak komputer lama. Lubuntu termasuk Linux. Anda bisa menginstal Lubuntu ke komputer/laptop, hardisk eksternal, dan USB flash drive. Anda bisa menyoba dengan Live CD dan Live USB.
Live CD adalah booting lubuntu dengan CD. Anda bisa menginstalnya kedalam komputer jika memakai Live CD. Jika anda hanya booting namun tidak instal, setiap kali anda booting ke komputer, lubuntu selalu Always Fresh yang artinya, setiap anda menyalakan komputer lalu booting ke lubuntu memakai live CD, anda selalu mendapati lubuntu selalu seperti baru dan dokumen hilang, karena live CD bersifat read only.

Jika anda booting dengan Live USB, jika anda membuat dokumen didalamnya, ketika menyalakan lalu booting lagi ke lubuntu anda masih bisa menemukan dokumen tersebut. Jadi Live USB bersifat Persistance Enabled.

Sekarang saya akan menjelaskan lebih lanjut tentang booting melalui Live USB. Dari teks diatas, bisa didapatkan kesimpulan bahwa Live USB seperti Komputer Portabel. Misalnya, anda berkunjung ke rumah teman, lalu anda ingin meminjam komputernya dan bekerja, kita tinggal colok USB, booting dan anda bisa mendapatkan area kerja yang anda miliki, tanpa perlu menginstal OS di komputer teman anda.
tau AMD K8.

 Cara Booting Lubuntu Dari USB Flash Drive

Berikut video cara booting Lubuntu dari USB Flash Drive:


Jika anda tidak bisa memutar videonya, silahkan buka di: https://youtu.be/Y6MTulUJo6Q.

    Cara booting Lubuntu dari USB Flash Drive

    Persyaratan Sistem: 
    • Ada USB Yang sudah terpasang Lubuntu
    • Persyaratan Minimal Processor: Pentium 4, Pentium M, atau AMD K8
    • Persyaratan Minimal RAM:
    1. Jika Hanya Chatting, Email dan Browsing Biasa, Maka RAM yang dibutuhkan hanya 512MB
    2. Jika Facebook, Google+, dan Twitter, Maka RAM yang dibutuhkan 1GB
    Cara Booting Dengan Metode Try Lubuntu Without Installing

    Try Lubuntu Without Installing, artinya mencoba Lubuntu tanpa menginstal, jika anda ingin mencoba Lubuntu tanpa menginstal Lubuntu. Berikut caranya:
    1. Colok USB, nyalakan Komputer lalu masuk ke BIOS.
    2. Masuk ke menu Boot.
    3. Atur Boot Priority Order caranya untuk menaikkan memakai + untuk menurunkan memakai -. Berikut agar urutannya sesuai:
    • USB HDD
    • USB FDD
    • USB ODD
    • SATA
    • PCI LAN
    4. Lalu Keluar Dengan Perubahan disimpan.
    5. Komputer akan restart dengan sendirinya.
    6. Lalu pilih Try Lubuntu WIthout Installing dengan cara enter
    7. Selesai!

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar